Profil Umum

Profil Umum

Profil Umum

Wonokriyo adalah sebuah kelurahan di kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah, Indonesia. Disini berdiri Pasar Wonokriyo, yaitu pasar modern terbesar di Gombong.

Wanagati, Surogati, Djayagati, Wirogati merupakan keluarga pendiri adanya Wonokriyo, kebetulan Narasumber belum mengetahui bagaimana alur cerita tersebut, Narasumber hanya mengetahui dulu terdapat 2 Lurah, yaitu Lurah Kendalgrowong dan Lurah Wonokriyo.

Waktu jaman dulu kala sebelum merdeka terdapat Lurah Kendalgrowong dan Lurah Wonokriyo, berkaitan nama Lurah Kendalgrowong Narasumber belum mengetahui nama, sedangkan nama Lurah Wonokriyo waktu itu adalah Haji Ahmad Dahlan, Kemudian singkat cerita ada utusan dari Kabupaten memberitahukan bahwa Bapak Bupati berkeinginan untuk menggabungkan Kendalgrowong dan Wonokriyo untuk dijadikan satu, karena Kendalgrowong wilayah nya kecil dan dulu belum ada RT RW.

Keinginan untuk dijadikan satu tersebut disetujui antara warga Kendalgrowong dan warga Wonokriyo asalkan dengan pilihan siapa yang terbanyak, pilihan jaman dulu yaitu dengan dodokan, yaitu Lurah Kendalgrowong dan Lurah Wonokriyo duduk jongkok, kemudian di ikuti warga ikut jongkok di belakangnya, pengikut terbanyak yang jongkok dibelakang Lurah itu sebagai pemenangnya, dan akhirnya yang jongkok terbanyak berada di belakang Lurah Wonokriyo, dan Wonokriyo sebagai pemenang, hingga sampai saat ini Kendalgrowong menjadi satu dengan Kelurahan Wonokriyo.

Demikian cerita singkat dari Narasumber, apabila ada kesalahan dalam menceritakan kami mohon maaf yang sebesar besarnya.