INFORMASI :

KELURAHAN WONOKRIYO, KECAMATAN GOMBONG, KABUPATEN KEBUMEN

PEMBINAAN / PELATIHAN LINMAS KELURAHAN WONOKRIYO KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2022

PEMBINAAN / PELATIHAN LINMAS KELURAHAN WONOKRIYO KECAMATAN GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2022

Pada tanggal 19 Mei 2022 Kelurahan Wonokriyo menyelenggarakan acara Pembinaan / Pelatihan Linmas, acara bertempat di Gedung PKK Kelurahan Wonokriyo yang dimulai pukul 08.30 WIB.

Acara dihadiri oleh Narasumber dari Kecamatan Gombong, Kapolsek Gombong, Danramil Gombong dan dihadiri oleh Bapak dan Ibu anggota Linmas Kelurahan Wonokriyo.

Pembinaan / Pelatihan Linmas di bawakan oleh pembawa acara Sekretaris Kelurahan Wonokriyo beliau Ibu Siti Aminah, SE, Acara dimulai dengan bacaan Bismillah bersama-sama, kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan lagu wajib Indonesia Raya. Susunan acara dari pembawa acara yaitu:

1. Sambutan Lurah Wonokriyo

2. Sambutan Camat Gombong

3. Sambutan Kapolsek Gombong

4. Sambutan Danramil Gombong

5. Penutup

Menginjak acara selanjutnya adalah sambutan Lurah Wonokriyo yaitu beliau Bapak Dimas Bayu Setiawan,S.IP yang bahwasanya masih hangat hangatnya menjadi Lurah baru di Kelurahan Wonokriyo, sambutan berupa ucapan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada Narasumber dan anggota Linmas yang telah meluangkan waktu untuk hadir dalam acara tersebut dan semoga acara Pembinaan / Pelatihan Linmas dapat berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir, sambutan Lurah Wonokriyo disambut hangat oleh peserta Pembinaan / Pelatihan Linmas.

Kemudian acara dilanjutkan sambutan Camat Gombong yaitu beliau Bapak Drs. Susilo sebagai narasumber dari Kecamatan Gombong. Beliau memberikan paparan bagaimana cara untuk menghadapi apabila terjadi suatu bencana, yang dalam kesempatan ini menyampaikan berkaitan bencana gempa bumi, untuk menghadapi bencana gempa bumi ada 3 point penting yang harus kita lakukan yaitu jangan panik, menyelamatkan diri dan melindungi diri. Dalam menyampaikan paparan juga disertai praktek langsung dengan peserta Pembinaan / Pelatihan Linmas, apabila terjadi gempa jangan panik, harus berfikir cepat dalam menyelamatkan diri, kita harus berlari, ataupun berlindung di bawah benda yang berada disekitar seperti meja, kursi ataupun benda lainnya, harus bisa melindungi bagian tubuh yang rawan yaitu kepala dan leher dengan berlindung dibawah benda sekitar ataupun berlindung ditutup dengan tangan kita. Selanjutnya Bapak Camat juga menyampaikan bagaimana cara penggunaan APAR bila terjadi kebakaran, peserta Pembinaan / Pelatihan Linmas sangat antusias dengan paparan yang disampaikan Bapak Camat gombong.

Acara selanjutnya yaitu sambutan dari Kapolsek Gombong yaitu beliau Bapak Ipda Agus Sukawan sebagai narasumber dari Kapolsek Gombong. Beliau memberikan paparan dengan materi yang ditampilkan dilayar bahwa Linmas mempunyai dasar Hukum Permendagri No 26 Tahun 2020, anggota Linmas harus Warga Negara Indonesia yang berdomisili di lingkungan setempat yang berada di lingkungan Kelurahan Wonokriyo. Sebagai anggota Linmas harus ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat dan kegiatan sosial kemasyarakatan, anggota Linmas juga harus bisa bersinergi dengan Bhabinkamtibnas, Babinsa melalui koordinasi Lurah. Sebagai anggota Linmas juga harus bisa bertanggung jawab, disiplin dan menjaga nama baik kesatuan sebagai anggota Linmas bilamana menjalankan tugas di lingkungan atau dimanapun. Peserta Pembinaan / Pelatihan Linmas masih tetap semangat dan mendengarkan paparan dari Bapak Kapolsek Gombong sampai selesai.

Acara yang selanjutnya yaitu sambutan dari Danramil Gombong yaitu beliau Bapak Pelda Rakhmat Basuki sebagai Narasumber Babinsa Koramil Gombong, Materi yang dipaparkan ditampilkan dilayar, materi juga tidak jauh berbeda dengan yang dipaparkan oleh Bapak Ipda Agus Sukawan, wawasan kebangsaan dan peran Sat Linmas dalam menjaga Kamtibmas mempunyai empat pilar Kebangsaan Negara Republik Indonesia yang terdiri dari Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, kesadaran dalam bela negara dapat diwujudkan dengan ikut dalam mengamankan lingkungan, membantu korban bencana dll, sebagai satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak Pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat sekitar dan sebagai Linmas wajib memiliki jiwa dan semangat dalam melindungi wilayahnya agar selalu aman, nyaman, bisa membantu Bhabinkamtibnas dan membantu Babinsa dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban diwilayah, saling bersinergi antara masyarakat sipil dengan Polri dan TNI. Bapak Pelda Rakhmat Basuki juga memberikan paparan praktek langsung bagaimana cara baris berbaris diluar ruangan, sehingga peserta Pembinaan / Pelatihan Linmas mendapat pelajaran praktek langsung bagaimana cara baris berbaris yang benar dengan penuh semangat.

Acara demi acara telah dilaksanakan dengan tidak kurang suatu apapun dan berjalan dengan lancar. Sampailah pada acara akhir yaitu penutup. Ibu Siti Aminah, SE sebagai pembawa acara tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Narasumber dan Peserta Linmas, mudah mudahan dengan acara Pembinaan / Pelatihan Linmas ini mendapat pelajaran yang positif, berharga, bermanfaat dan dapat di terapkan dalam lingkungan, umumnya di lingkungan Kelurahan Wonokriyo dengan penuh tanggung jawab. Pembawa acara menutup acara ini dengan bacaaan hamdalah bersama-sama, Alhamdulillah Hirobbil Alamin

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Ada 86 Kasus, Bupati Ingatkan Bahaya DBD, dan Himbau Jaga Kebersihan
Ribuan Warga Ikut Nobar Indonesia-Australia di Alun-alun Pancasila Kebumen
Bupati Kebumen Sediakan Rp1 Miliar untuk Hadiah Kuis di Media Sosial
Bupati Kebumen Jenguk Korban Laka Truk di Giritirto, Berharap Kejadian ini Tak Terulang
Menpora Harap Lomba Pacuan Kuda Kebumen Jadi Pioner.

Arsip Berita

Statistik Pengunjung